Edaran Guru
Edaran Guru
Nomor : 420/1026 16 Nopember 2023
Hal : Edaran Pekan Asessmen Sumatif Akhir Semester
Yth. Bapak-Ibu Guru dan Tenaga Kependidikan
Berdasarkan Permendikbud Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah yang di Jabarkan melalui Panduan Pembelajaran dan Asesmen bahwa Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. Pendidik dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang dituju sehingga keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi tersebut, Pembelajaran dapat diawali dengan proses perencanaan asesmen dan perencanaan pembelajaran.
ASAS merupakan pekan Assesmen Sumatif Akhir Semester Gasal yang merupakan kegiatan Pengolahan hasil asesmen Selama Pembelajaran Semester gasal oleh guru yang tidak wajib melaksanakan penilaian/assesmen secara khusus mengingat assemen merupakan satu kesatuan dalam pembelajaran yang telah ditempuh,
Pengolahan hasil asesmen merupakan kegiatan guru dalam menganalisis secara kuantitatif dan/atau kualitatif, terhadap hasil asesmen dalam pembelajaran. Hasil asesmen untuk setiap Tujuan Pembelajaran diperoleh melalui data kualitatif (hasil amatan atau rubrik) maupun data kuantitatif (berupa angka). Data-data ini diperoleh dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, baik pada capaian pembelajaran di akhir fase, maupun tujuan-tujuan pembelajaran turunannya, yang telah dikemas dalam sebuah aksi nyata atau berupa projek akhir (Tujuan Pembelajaran setiap CP / Tujuan Pada Akhir Pembelajaran / Aksi nyata / Produk Hasil belajar) yang dapat berupa :
PPT, Canva, SlidesGo, site.google.com, Karya ilmiah lainnya
Video, Audio : Content creator, Podcast, sosia drama, iklan, demontrasi
Dokumen Foto Diskusi/Kolaborasi atau Pembimbingan khusus pada siswa
Portofolio Siswa, pameran jurusan
Karya nyata lainnya maupun
Dokumen Ujian unit Kompetensi, Skill Passport LSP atau NonLsp
Adapun komponen penilaian mengacu panduan IKM terdiri dari 2 aspek/komponen antara lain :
Assesmen awal/diagnostik awal : Assesmen yang berupa data kesiapan belajar siswa oleh setiap guru, analisis hasil belajar tingkat sebelumnya.
Assesmen/Nilai Formatif : Prosentase kehadiran, Keaktifan Siswa , Proses Pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran
Assesmen/Nilai sumatif : Penilaian Akhir Tujuan Pembelajaran 1- ke n , Produk / Aksinyata lainnya, Penilaian produk akhir
Pelaporan hasil belajar dan assesmen melalui sipena.smkn9surakarta.sch.id
Adapun perangkat dalam melaksanakan assesment antara lain
Modul ajar / RPP yang mencantumkan : Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Assesment
Perangkat Assesmen : Contoh
Tujuan pembelajaran/ATP, Produk yang merupakan kumpulan TP
Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, / rubrik penilaian
Teknik asesmen yang sesuai/bentuk instrumen yang akan dikembangkan.
Soal Assesmen (Bisa satu paket dengan teknik)
Contoh Hasil Assesmen : Foto , Produk, serta dapat berupa rekaman dokumen lainnya
Berikut tahapan kegiatan Bulan Nopember dan Desember :
17 Nop - 23 Nopember 2023 menyusun dan melaporkan Perangkat Assesment yang telah dilaksanakan maupun yang direncanakan melalui aplikasi dengan isi antara lain sebagai berikut :
Tujuan Pembelajaran
Instrumen/rubrik penilaian/KKTP
Teknik Penilaian
Soal Assesmen
Contoh Hasil Assesmen : Foto , Produk, serta dapat berupa rekaman dokumen lainnya
Perangkat assesmen mohon disimpan secara virtual dan di kirim berupa link melalui aplikasi berikut -https://s.id/sumatigasal
20 Nop - 6 Desember 2023 : Pelaksanaan Pengolahan Hasil Assesmen Sumatif dan Pelaporan Assesmen di sipena oleh masing-masing guru
7,8,11 Desember 2023 : Pelaksanaan P5 dengan Tema Suara Demokrasi Pemilihan Ketua Osis dan Pengelola Kelas
12 Desember 2023 : Batas akhir Pelaporan Penilaian/Assesmen Sumatif Akhir Semester Gasal
13 Desember 2023 : Rapat Prapleno kenaikan kelas oleh Ketua Jurusan, Cetak raport, pengesahan raport oleh walikelas, Kepala Sekolah, Tim. Tata Usaha
15 Desember 2023 : Penyerahan Buku Laporan hasil belajar peserta didik dan Pameran hasil belajar siswa (Undangan dan Teknis Pelaksanaan Menyusul)
Jadwal & Teknis Pelaksanaan :
Dikarenakan Assesmen menjadi satu kesatuan dalam pembelajaran yang tertuang dalam Rencana pembelajaran, pelaksanaan assesmen menjadi satu kesatuan dalam proses pembelajaran (include jadwal pembelajaran)
Assesmen dilaksanakan dalam kurun waktu minggu ke 3 Nopember - Minggu Petama Desember 2023, dengan tetap memperhatikan kegiatan sekolah lainnya.
Perangkat Assesmen :
Perangkat Assesmen :
Tujuan pembelajaran
Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran/Rubrik Penilaian dapat berupa : Contoh terlampir
Rubrik Pedoman yang dibuat untuk menilai dan mengevaluasi kualitas capaian kinerja peserta didik sehingga pendidik dapat menyediakan bantuan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja. Rubrik juga dapat digunakan oleh pendidik untuk memusatkan perhatian pada kompetensi yang harus dikuasai. Capaian kinerja dituangkan dalam bentuk kriteria atau dimensi yang akan dinilai yang dibuat secara bertingkat dari kurang sampai terbaik.
Ceklis Daftar informasi, data, ciri-ciri, karakteristik, atau elemen yang dituju.
Catatan Anekdotal Catatan singkat hasil observasi yang difokuskan pada performa dan perilaku yang menonjol, disertai latar belakang kejadian dan hasil analisis atas observasi yang dilakukan.
Grafik Perkembangan (Kontinum) Grafik atau infografik yang menggambarkan tahap perkembangan belajar.
Tekni Assesmen Penilaian, dapat berupa : Contoh terlampir
Observasi Penilaian peserta didik yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pengamatan perilaku yang diamati secara berkala. Observasi dapat difokuskan untuk semua peserta didik atau per individu. Observasi dapat dilakukan dalam tugas atau aktivitas rutin/harian.
Kinerja Penilaian yang menuntut peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Asesmen kinerja dapat berupa praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, atau membuat portofolio.
Projek Kegiatan penilaian terhadap suatu tugas meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan, yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu.
Tes Tertulis Tes dengan soal dan jawaban disajikan secara tertulis untuk mengukur atau memperoleh informasi tentang kemampuan peserta didik. Tes tertulis dapat berbentuk esai, pilihan ganda, uraian, atau bentuk-bentuk tes tertulis lainnya.
Tes Lisan Pemberian soal/pertanyaan yang menuntut peserta didik menjawab secara lisan, dan dapat diberikan secara klasikal ketika pembelajaran.
Penugasan Pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan dan memfasilitasi peserta didik memperoleh atau meningkatkan pengetahuan.`
Portofolio Kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu.
PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASSESMEN
Sesuai panduan karakteristik Assesmen SMK dan Kurikulum yang berpotensi berubah untuk kedepan biar SMK TDK terombang ambing... Maka dalam acuan Pembelajaran di SMK yg utama adalah
Mengacu SKKNI - KKNI level .......... dan okupasi (Siswa dapat memilih sedini mungkin(sesuai pashian/kemerdekaannya) dan jika diperlukan pengayaan nonpilihan siswa,
waktu yg ada dapat dioptimalkan.
Selanjutnya Kurikulum yang ada digunakan sebagai suplemen.
Hal ini sejalan dgn Panduan Pbljrn dan Assesmen kur13 dan Kurikulum 2013, yang Dalam penilaian dilengkapi dengan rubrik dan teknik penilaian yg direkomendasikan.
Sedangkan untuk Mata Pelajaran umum pembelajaran mendukung / menguatkan mata pelajaran Kejuruan.
Contoh Perangkat Assesmen Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 sesuai panduan Pembelajaran Assesmen
Rubrik dan Teknik Assesmen
contoh hasil assesmen