FILOSOFI KURIKULUM MERDEKA
FILOSOFI KURIKULUM MERDEKA
Dokumen Pleno Kenaikan Kelas
TAHAPAN KEGIATAN
Batas Akhir Nilai 3 Juni 2024
Koord. Pra-Pleno Jurusan Juni 2024 : 09.20 - selesai
Pleno Tingkat Jurusan : 14 Juni 2024
Pleno Dewan Guru melalui zoom : 19 Juni 2024
Cetak dokumen dan pengesahan raport raport 19-20 Juni 2024, mengingat kenaikan kelas sesuai Panduan Kurikulum Merdeka secara automatic kecuali pada siswa yang potensi tidak naik, untuk cetak dan pengesahan nya menunggu Pleno Dewan Guru
Penyerahan Raport kepada orang tua dilaksanakan pada Jumat 21 Juni 2024 dengan ketentuan :
Siswa yang Naik tanpa ada catatan dan perlu bimbingan khusus disampaikan secara online dan wapri orang tua
Siswa yang naik dengan memiliki ketidakcapaian kriteria tujuan pembelajaran dihadirkan kesekolah, sesuai waktu yang langsung ditentukan oleh walikelas
Siswa yang tidak naik kelas karena memiliki catatan dan perlu pembimbingan khusus wajib di hadirkan kesekolah dengan diterima oleh walikelas, guru bpbk, kapro/k3 dan lini terkait.
Siswa yang tidak naik, sesuai arahan dan kebijakan terakhir wajib tetap dilayani melanjutkan diSMKN9 Surakarta, kecuali jika orang tua setelah menerima penjelasan-penjelasan dari walikelas, guru bpbk, kapro akan mengundurkan diri untuk pindah atau alasan lainnya, SECARA SUKARELA karena merasa kurang cocok belajar di SMKN 9 Surakarta.
untuk seleksi yang adil setiap SISWA harus mengikuti ujian yang sama tolong panjat pohon itu?
bagaimana menurut anda.
SISWA : di ibaratkan gambar hewan yang karakternya berbeda-beda begitu juga dengan siswa juga memiliki karakter yang tidak sama.
FILOSOFI KOPIAH PADA KURIKULUM MERDEKA
KOPIAH YANG TIDAK MUAT DIKEPALA SISWA,
DIMUNGKINKAN GURU UNTUK MEMOTONG RAMBUT SISWA
SEHINGGA KOPIAH BISA MASUK DIKEPALA MANUSIA
NAMUN TIDAK BOLEH MEMOTONG SEBAGAIN KEPALA SISWA, Kenapa..?
KARENA ITU KURIKULUM MERDEKA memberi keleluasaan ibu bapak guru untuk disesuaikan kebutuhan essensial /passion kencenderungan siswa.
Jadi jika kepala itu di analogikan Siswa dan kopiah itu kurikulum, sedangkan tujuannya itu adalah Kopiah Bisa dipakai dengan baik oleh siswa, maka caranya dapat disesuaikan kondisi kepala siswa : rambut dipotong, atau kopiah disesuaikan (dibesarkan/dikecilkan intinya di modifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa dalam mencapai tujuan hidup yang baik)