Supervisi -Observasi
Supervisi -Observasi
Tahapan supervisi pembelajaran di PMM
Prasupervisi: Diskusi antara kepala sekolah dan guru untuk menentukan aktivitas PMM yang akan diobservasi, menyepakati rencana supervisi, dan mendiskusikan instrumen observasi yang akan digunakan.
Pelaksanaan supervisi: Pengamatan langsung terhadap proses pembelajaran guru di kelas berdasarkan RPP atau Modul Ajar yang telah dibuat. Aspek yang diamati meliputi aktivitas guru dan siswa, penggunaan media dan metode, hingga cara guru menilai hasil belajar siswa.
Pascasupervisi:
Refleksi dan umpan balik: Supervisor memberikan umpan balik berdasarkan hasil observasi dan berdiskusi dengan guru untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan, serta menyepakati solusi perbaikan.
Tindak lanjut: Guru dan supervisor merencanakan dan menyepakati langkah-langkah perbaikan yang akan dilakukan pada pembelajaran berikutnya.
Dokumentasi: Hasil observasi dan tindak lanjut didokumentasikan sebagai bagian dari penilaian kinerja guru di PMM.
Alur Obervasi dengan Teknik Coaching (Supervisi)
Dasar Supervisi TW4/Semester 2 :
Fokus Pembelajaran dan Permasalahan Pembelajaran yang tertulis pada PMM/RGTK serta RTL pasca Observasi TW1 / Semester 1 (awal)
Perangkat Pembelajaran (RPP Pendekatan Mendalam) yang digunakan dalam observasi
Pelaksanaan Supervisi/Observasi dengan teknik Coaching
Supervisor/ Coach bersama coache
Melakukan diskusi terkait rencana pembelajaran ; Tujuan Pembelajaran, Skenario KBM dan Assesmen (Diruang yg disepakati) --> Prasupervisi
Mengobservasi Pelaksanaan pembelajaran / tidak ada diskusi cukup mengamati ; Di kelas --- > Pelaksanaan supervisi/observasi
Bersama-sama coache melakukan refleksi pembelajaran dan membuat kesimpulan (Diruang yg disepakati) : Pascasupervisi
Membuat Laporan berdasarkan hasil observasi
Sesuai instrumen
Jadwal Supervisi | Observasi : https://docs.google.com/spreadsheets/d/19gbblRNPv0jYIsFcQVhcYq4Uhqf7uE-U/edit?gid=626842232#gid=626842232